Jumat, 19 Februari 2010

Bahasa Indonesia 2

Jayapura Dibagi Empat Wilayah Pembangunan
Rabu, 17 Februari 2010 06:33 WIB

JAYAPURA--MI: Bupati Kabupaten Jayapura, Papua, Habel Melkias Suwae, mengatakan, guna memperoleh hasil pembangunan yang lebih optimal dan merata di kabupaten itu, pihaknya membaginya menjadi empat wilayah pembangunan.

"Dari 19 distrik, yang meliputi 132 kampung dan lima kelurahan di Kabupaten Jayapura, kita kelompokan menjadi empat wilayah pembangunan," kata Habel Suwae di Jayapura, Selasa (16/2).

Bupati Habel Suwae menjelaskan pembagian menjadi empat wilayah pembangunan tersebut yakni, wilayah pembangunan satu antara lain meliputi, distrik Sentani, Sentani Timur, Ebungfauw, distrik Waibo.

Sementara yang masuk wilayah pembangunan dua antara lain, wilayah distrik Sentani Barat, Depapre, Rafemirara, Yokari, serta distrik Demta. Sedangkan yang masuk wilayah pembangunan tiga, antara lain wilayah distrik Kemtuk, Kemtuk gresi, Gresi Selatan, Namblong, Nimboran, dan distrik Nimbokrang, terangnya.

Selanjutnya yang masuk wilayah pembangunan empat, antara lain distrik Unurumguay, Yapsi, Kaureh, serta distrik Airu, yang lokasinya relatif lebih sulit untuk dijangkau.

Bupati Habel Suwae menjelaskan, pembangunan dengan sistem pembagian tiap kelompok wilayah tersebut merupakan prakarsanya sebagai kepala daerah, karena melihat kondisi geografis dan kehidupan masyarakat setempat.

"Kita alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah bersangkutan, agar terjadi pemerataan pembangunan di semua wilayah di kabupaten Jayapura," ujarnya.

Bupati Habel Suwae juga mengatakan, sebelum dilakukan sistem pembangunan berdasarkan wilayah, kebanyakan proyek pembangunan hanya dilakukan didaerah yang sudah relatif lebih terbuka dan mudah dijangkau transportasi.

"Sementara daerah yang masih terisolir jarang mendapat perhatian. Makanya saya mengambil kebijakan pembangunan seperti ini," terangnya.

Lebih lanjut Habel Melkias Suwae juga mengharapkan dukungan seluruh masyarakat setempat dalam menyukseskan program pembangunan di wilayahnya masing-masing.

"Tanpa dukungan masyarakat, mustahil pembangunan dapat terlaksana dengan hasil yang maksimal," katanya. (Ant/OL-7)


Contoh kalimat Penalaran :
Karena kalimat tersebut terdapat fakta yang mengatakan bahwa Dari 19 distrik, yang meliputi 132 kampung dan lima kelurahan di Kabupaten Jayapura

Contoh kalimat Argumentasi :
Karena kalimat tersebut adanya pernyataan dari Bupati Kabupaten Jayapura, Papua, Habel Melkias Suwae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar