Sabtu, 27 Februari 2010

Bahasa Indonesia 2

Deduksi Tidak Langsung


1. Silogisme Kategorial → 2(dua) proposisi yang berlainan

Contoh :
a. Semua buah adalah bervitamin
b. Apel adalah buah
c. Jadi,apel adalah bervitamin

2. Silogisme Hipotesis

Contoh :
a. Jika air dimasak mendidih
b. Air dimasak
c. Jika air mendidih

3. Silogisme Alternatif → 2(dua) premis alternatif

Contoh :
a. Angga adalah seorang karyawan atau pejabat
b. Angga adalah seorang pejabat
c. Jadi, Angga bukan seorang karyawan

4. Entimen → silogisme premis mayornya tidak mempunyai premis mayor

Contoh :
a. Semua pengusaha adalah kaya
b. Sani adalah seorang pengusaha
c. Jadi, Sani adalah kaya
d. Sani adalah kaya karena Sani seorang pengusaha

5. Rantai Deduksi

Contoh :
a. Semua ikan banyak tulangnya
b. Saya diberi ikan
c. Jadi saya tidak menerimanya
d. Sebab saya tidak suka ikan
e. Karena ikan banyak tulangnya
f. Saya pernah memakan ikan
g. Ternyata ikan banyak tulangnya
h. Jadi saya tidak pernah memakan ikan lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar