Tidak ada cara tunggal untuk membuat segmen pasar.Pemasar harus mencoba variabel segmentasi yang berbeda,secara sendiri atau kombinasi untuk mencari cara terbaik untuk memetakan struktur pasarTerdapat variable utama yang sering digunakan untuk menentukan segmentasi pasar,yakni variable geografik,demografik,psikografik,dan tingkah laku tertentu :
1) Segmentasi geografik,membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti negara,regional,propinsi,kota,wilayah kecamatan,wilayah kelurahan,serta kompleks perumahan.
2) Demografi,membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti : jenis kelamin,umur,status perkawinan,jumlah warga,umur anak,pendapatan,jabatan,lokasi geografi,mobilitas,kepemilikan rumah,pendidikan,agama,ras atau kebangsaan
3) Segmentasi psikografik,membagi pembeli menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial,gaya hidup atau kepribadian
4) Segmentasi tingkah laku,mengelompokan pembeli berdasarkan pada pengetahuan,sikap,penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk
a) Segmentasi manfaat Pasta Gigi (tanpa detergen)
Demografi : semua umur
Perilaku : penggunaan ringan
Psikografi : memperhatikan kesehatan
b) Segmentasi manfaat Sabun Mandi
Demografi : semua umur
Perilaku : penggunaan berat
Psikografi : orang yang selektif
c) Segmentasi manfaat Pembasmi Serangga
Demografi : semua umur
Perilaku : penggunaan menengah
Psikografi : orang yang hemat
d) Segmentasi manfaat Detergen
Demografi : semua umur
Perilaku : penggunaan berat
Psikografi : orang yang selektif
e) Segmentasi menfaat Shampoo
Demografi : semua umur
Perilaku : penggunaan menengah
Psikografi : orang yang selektif
g) Segmentasi manfaat Body Lotion
Demografi : remaja
Perilaku : penggunaan menengah
Psikografi : memperhatikan penampilan
h) Segmentasi Deodorant
Demografi : remaja,dewasa
Perilaku : penggunaan berat
Psikografi : memperhatikan penampilan
i) Segmentasi Lulur
Demografi : dewasa,wanita
Perilaku : penggunaan ringan
Psikografi : memperhatikan penampilan
j) Segmentasi Pelembab Wajah
Demografi : dewasa,wanita
Perilaku : penggunaan berat
Psikografi : mamperhatikan penampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar