Selasa, 17 November 2009

Segmentasi Manfaat

Segmentasi Pasar Konsumen
Tidak ada cara tunggal untuk membuat segmen pasar.Pemasar harus mencoba variabel segmentasi yang berbeda,secara sendiri atau kombinasi untuk mencari cara terbaik untuk memetakan struktur pasarTerdapat variable utama yang sering digunakan untuk menentukan segmentasi pasar,yakni variable geografik,demografik,psikografik,dan tingkah laku tertentu :
1) Segmentasi geografik,membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti negara,regional,propinsi,kota,wilayah kecamatan,wilayah kelurahan,serta kompleks perumahan.
2) Demografi,membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti : jenis kelamin,umur,status perkawinan,jumlah warga,umur anak,pendapatan,jabatan,lokasi geografi,mobilitas,kepemilikan rumah,pendidikan,agama,ras atau kebangsaan
3) Segmentasi psikografik,membagi pembeli menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial,gaya hidup atau kepribadian
4) Segmentasi tingkah laku,mengelompokan pembeli berdasarkan pada pengetahuan,sikap,penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk

a) Segmentasi manfaat Pasta Gigi (tanpa detergen)

Demografi : semua umur

Perilaku : penggunaan ringan

Psikografi : memperhatikan kesehatan

b) Segmentasi manfaat Sabun Mandi

Demografi : semua umur

Perilaku : penggunaan berat

Psikografi : orang yang selektif

c) Segmentasi manfaat Pembasmi Serangga

Demografi : semua umur

Perilaku : penggunaan menengah

Psikografi : orang yang hemat

d) Segmentasi manfaat Detergen

Demografi : semua umur

Perilaku : penggunaan berat

Psikografi : orang yang selektif

e) Segmentasi menfaat Shampoo

Demografi : semua umur

Perilaku : penggunaan menengah

Psikografi : orang yang selektif

g) Segmentasi manfaat Body Lotion

Demografi : remaja

Perilaku : penggunaan menengah

Psikografi : memperhatikan penampilan

h) Segmentasi Deodorant

Demografi : remaja,dewasa

Perilaku : penggunaan berat

Psikografi : memperhatikan penampilan

i) Segmentasi Lulur

Demografi : dewasa,wanita

Perilaku : penggunaan ringan

Psikografi : memperhatikan penampilan

j) Segmentasi Pelembab Wajah

Demografi : dewasa,wanita

Perilaku : penggunaan berat

Psikografi : mamperhatikan penampilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar