Selasa, 17 November 2009

Harga

Pengertian Harga (price)
Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.

Harga subyektif adalah harga dari suatu barang atau jasa yang dinilai oleh pembeli dan penjual.

Harga obyektif adalah harga suatu barang atau jasa yang disetujui oleh pembeli dan penjual.

Definisi Harga
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran atau marketing mix (4p = product,price,place,promotion atau produk,harga,distribusi,promosi)

Harga merupakan salah satu penentuan keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang diperoleh perusahaan dari penjuaarga lan produknya baik barang maupun jasa.

Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun,namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.

Tujuan penetapan harga
  1. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya,dengan mendapatkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal
  2. Mempertahankan perusahaan,dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan.Contoh : untuk gaji atau upah karyawan untuk bayar tagihan listrik,tagihan air bawah tanah,pembelian bahan baku,biaya transportasi,dan lain sebagainya
  3. Menggapai ROI(Return on Investment),perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali
  4. Menguasai pangsa pasar,dengan menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing,dapat mengalihkan perhatian konsumen
  5. Mempertahankan status quo,ketika pasar memiliki pasar tersendiri,maka perlu adanya pengaturan harga yang tepat agar dapat tetap memperhatikan pangsa pasar yang ada

Metode Penetapan Harga Produk

  1. Pedekatan Permintaan dan Penawaran (supply demand approach),dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan
  2. Pendekatan Biaya (cost oriented approach),menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis
  3. Pendekatan Pasar (market approach),merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variable-variable yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik,persaingan,sosial budaya,dan lain-lain

Harga dipasar bisa naik dan turun,tergantung beberapa faktor misalnya daya beli konsumen,jumlah barang yang tersedia atau mutu barang tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar